Skip to main content

Di Puncak Tangga


Tik..tok..tik..tok...
Enggak berasa nih kawan, dah hampir kelar semester tujuh. Semester delapan tinggal beberapa waktu lagi masuk ke dalam kehidupan kita.

Dapat dipastikan dengan masuknya semester delapan kita makin sibuk dengan urusan masing-masing. Yang kecil pasti sibuk dengan urusan job tre-nya. Yang cowok pun sepertinya demikian. Yang jilbab gw kurang ngerti neh dia sibuk job tre, kuliah, atau keduanya. Sedangkan jilbab yang lain pasti sibuk dengan organisasinya dan dibantu oleh si pasangan hidupnya. Teman sejawatnya. Sedangkan yang gingsul, rambut panjang, rambut pendek kaca mata, dan gw pasti sibuk dengan kuliah dan job tre. Kalau gw sih ada tambahannya, yaitu bersenang-senang. Hehehe...aku akan menikmati semester besok yang tidak banyak kuliah. Yihaa....setidaknya dengan sedikit kuliah gw bisa mengerjakan sesuatu yang gw dah dari dulu pengen dilakuin. Asik..asik...

Tetapi yang jadi masalah gw mesti bersenang-senang sama siapa. Toh, lo semua aja mungkin sibuk dan entah ada di mana. Terus gw main sama sapa dong?

Parahnya lagi kalau kita dah mulai bikin skripsi dan mungkin juga ada yang lulus duluan, gawat kalau begini caranya pasti intensitas dan kualitas pertemuan kita bakal berkurang. Parah...parah...

Kalau memang nanti jadinya akan demikian, gw cuma bisa ngeliatin foro-foto cupu kita, masa-masa jahil kita, era-era kebahagiaan kita. Cuma gambar diam yang bisa membantu gw untuk tetap merasa punya teman. Gambar-gambar tak bergerak itu pun akan terus mengingatkan gw akan saat-saat kita menapaki tangga kedewasaan kita masing-masing.
Tampang-tampang kalian yang terekam akan selalu mengajarkan gw untuk selalu berusaha karena dari setiap kalianlah gw menemukan semangat. Karena dari setiap kalianlah sisi “lain” gw tergali. Tanpa kalian ketahui dari setiap kalian telah membubuhkan warna merah, pink, kuning, biru, hijau, jingga, maupun hitam. You guys are really colour up my life.

Hehehe...
Jangan lupa yah untuk selalu mengingat gw dipikiran kallian. Kan gw dah inget sama kalian. Yah...yah..yah....

Comments

  1. wah wah..

    sekarang sudah kejadian dah fi. bener2 pada sibuk. mo kumpul ajah susah.

    kaya gw sekarang gila ga da kerjaan. sesekali menengok nengok gambar tak bergerak itu. sedih juga kadang2.

    tapi ga mustahil kok, kita semua tetap menjaga komunikasi. asal mang ada komitmen itu. Gw sendiri lagi berusaha. sayang kalau karena kuliah tamat maka tamat pula komunikasi di antara kita. temen mang ga mungkin tamat kan. tah yang tamat yah komunikasi itu.

    makanya sedih juga waktu masuk kamar lu, kolase foto kita selama kuliah harus ditutupi dengan sehelai sarung. sentilan banget buat gw. maaf yah bu... kalau tanpa disadari gw ada dibagian itu. hehehe

    yah mumpung ga sibuk, gw mo merampungkan janji gw ke lu dah. buat cover buku curhat. hihoho

    ReplyDelete
  2. si rambut pendek berkaca mata berkata..

    fi..wlwpun kt skrng lg sbuk2nya ngurusin ini itu,jarang ngumpul (pastinya) bkn barti gw ga inget ma lo,bukan berari pula gw ga mikirin lo,kalian,p'sahabatn kita..
    kalian adalah bagian hidup gw,sampai kapan pun!

    skrng giliran gw yg mrasa ksepian,lo2 pade lg sibuk job-tre huhu..sepi,gw sendirian aja dikosan,ga ada ksibukn,palin9an cm mampir kkosan c'nitut ato sbaliknya dy yang b'kunjung..

    untuk mngusir kkangenan gw ma lo2 pade,gw cuma bs mnatap gambar tak b'gerak ntu d dinding kmr gw(scara foto2 kt blom sempet gw pndahin k'laptop baru gw hwehwehwe..)skalian pamer hahaha..

    tulisan lo bkn gw sdih(dsr cengeng!!)itu yg gw takutin,,stelah kita tamat kuliah,tamat pulalah psahabatn kita..gw ga mw!!dan gw ga akn ngbiarin hal ntu t'jadi!!gw ga mw lg liat foto2 kt ditu2pin pk sarung(jdnya kan lo ga bisa liat muka gw yg imut ntu haha..)

    gw pnah tanya ma nita wkt gw liat skap lo yg beda pas ktemu gw..
    hr itu gw g mlihat efi yg gw knal,maaf y fi klo gw dah bkn lo sbel..

    cepetan dah slesein tuh job-tre
    ayo!!kt liburan bareng lg,dan mesti jd!

    oia,bukan cm buku curhat yg msti kt bkn tp tulisan yang wktu ntu lo rencanain fi,msti jd yee..

    ReplyDelete
  3. yang "cowok" mo berujar ya..

    sesuatu yang menyedihkan bagi gw ketika lu menulis kaya gitu..

    diantara semuanya, sering kali gw gak sependapat ma lu n sebaliknya. kata lain, kita paling gak cocok.

    tapi gak selalu kok, kadang gw seneng kalo kita dah sependapat.

    efi, bagi gw, adalah pribadi yang suka melawan arus. ingin berbeda. penuh semangat. namun kadang pesimis untuk hal yang sentimentil. persahabatan misalnya.

    gw tahu keluh kesah lu tentang lu n sahabat2 yang dulu.

    tapi apakah bagi lu, kita-kita, telah menjadi "sahabatku yang dulu"?

    tunggu, ada yang ingin gw pertegas.

    pernah gw bertanya2, apakah gw dianggap bagian dari kalian?

    apakah gender gw bisa melebur bersama kalian semua?

    ada saat gw merasa kalian gak bisa menerima kehadiran gw secara utuh. bagian utuh dari kalian yang jika hilang akan dipertanyakan.

    pernah gw ngerasa kalian gak membutuhkan gw. dan saat itu pula gw berusaha menjauh, jika kalian menyadarinya.

    tapi gw membutuhkan kalian. seutuhnya. gw pun kembali. tanpa berharap diterima.

    tapi gw tahu gw diterima.

    lanjut. mudah mempertahankan persahabatan saat tubuh ini hadir bersama-sama. ini hal biasa. sangat biasa.

    namun menjadi sangat luar biasa saat kita tetap bersahabat saat tubuh dan pikiran ini terpisah jauh.

    sungguh hebat saat komunikasi lama tak terjalin, tapi saat kembali bersua, seakan tak ada rentang waktu yang terpisah. tawa pun lepas tanpa beban. tak ada jarak. tak ada kecanggungan. hebat.

    yang harus lu pertanyakan adalah, apakah lu menganggap persahabatan kita bagian dari masa lalu, atau bagian dari hidup lu?

    saat lu menganggap persahabatan ini masa lalu, kita gak ubahnya baju. hanya saat teringat lu akan mencarinya. sisanya, akan tersimpan dibagian terbawah lemari.

    namun saat persahabatan ini bagian hidup lu, saat dia terlupakan, dia tak pernah benar2 terlupakan.

    saat lu terlalu sibuk dengan dunia, dia akan selalu berada di sudut terpenting hati n pikiran lu.

    bertahun-tahun sekalipun lu tidak pernah mengingatnya, dia akan menjadi bagian terpenting yang gak mungkin dibuang.

    dan saat persabatan itu dipertemukan, tak perlu ada yang dipertanyakan, karena dia adalah bagian yang satu. satu tak pernah menjadi setengah. tak pula kosong. satu tetap satu.

    buat gw, persahabatan ini akan gw pegang dengan tangan terbuka dan tak akan gw genggam.

    layaknya pasir, biarkan angin membawanya. karena saat digenggam, dia akan memaksa keluar diantara sela jari.

    so, biarkan dia berkembang. gw tahu suatu saat, sahabat2 gw, lu diantaranya, akan memiliki sahabat lainnya.

    mungkin gw akan terlupakan. tapi gw tahu gw gak akan melupakan. karena kalian pernah dan akan selalu menjadi bagian dari hidup gw.

    saat lu pergi, pergi dan berkembanglah. saat lu ingin kembali, kemarilah, karena banyak yang akan kita bicarakan.

    buat semua sahabat gw, tak terkecuali lu, Efi, kita tetap bersahabat, bagaimanapun kita nanti, akan selalu ada tawa dan cerita saat nanti kita kembali bersama.

    pertemuan dan perpisahan hanya sementara. dunia ini terlalu sempit untuk memisahkan.

    buat Efi, gak ada yang perlu lu pertanyakan. apalagi lu ragukan. kita, karena gw yakin bukan gw aja, akan selalu menjadi bagian hidup lu.

    tak memikirkan bukan berarti melupakan. karena kita satu.

    (alah, gw kayak AADC aja yah :)

    n btw, kita belum sepenuhnya berpisah. masih banyak rencana bersama yang harus dilaksanakan sebelum kitasemua diwisuda, ok ok.

    miss u girls

    ReplyDelete
  4. all i can say....

    THANK YOU GUYS....

    may be it's just may alienistic feelings...

    u're still be one of my life puzzles.

    ReplyDelete
  5. orang luar beri opini...

    orang luar hanya dapat melihat dari luar, tanpa pernah bermaksud untuk ikut melebur ataupun ingin mendekat.
    orang luar ini hanyalah dia yang ingin memberikan pandangan, tidak seperti ombudsman yang mengkritisi ataupun meminta perubahan.

    menurut gw sah saja ketika lo beranggapan kalo lo sedikit terlupakan ataupun jauh dari yang lain,,kesibukan sering membuat kita merasa ditinggalkan.

    tidak salah ketika lo berfikir mungkin beberapa bulan berikutnya hanya akan melihat bentuk tak bergerak itu sambil mengingat kenangan indah bersama..

    sebagai orang luar yang sering bareng dengan kalian gw suka kagum kalian bisa begitu lugas bercerita, mengenal pribadi satu sama lain, dan mampu memaafkan setiap kesalahan serta menerima segala perbedaan..

    mungkin itu yang aku dan beberapa temanku tidak miliki, sehingga persahabatan yang telah kami jalani selama tiga tahun di jatinangor ini harus berakhir karena masalah sepele hanya karena perbedaan pendapat yang sulit untuk disatukan. sedih rasanya ketika hal ini harus berakhir, sementara kau masih melihat mereka disana tertawa bersama, bergembira ria semua sempurna tapi satu yang kurang yakni kau tidak berada disana menjadi bagian dalam kegembiraan itu, menjadi bagian dalam keriangan itu..sungguh menyakitkan..

    buat efi, nikmatilah kebersamaan kalian yang tinggal sebentar ini, isilah dengan keceriaan, nikmatilah dengan selalu saling mendukung, karena waktu nya tak kan lama lagi..ingat lah mereka sebagai salah satu episode hidup mu yang sangat berarti,,sehingga kelak ketika saat nya berpisah kau dapat meninggalkan mereka dengan senyuman. dan ketika melihat gambar tak bergerak itu, kau dapat tersenyum sambil berujar "aku menikmati semua waktu yang telah kami lalui bersama,dan aku senang kami dapat dipertemukan dalam tahun-tahun paling menyenangkan".

    hwehehhe...tua amat yah gw,,tapi itu yang harus lo mengerti, agar tidak seperti gw, yang mungkin hanya dapat memandangi foto sambil berkata dulu kita pernah bersama.

    ReplyDelete
  6. aku terharu... ini bener ngirim komen lu ke email gw kan yah jonk? lu ga salah kirim buat efi kan. coz ini email gw, NITA. tapi buat sapa pun tuh gw mo bilang Thanx yah jonk, atas pandangan lu.

    sebenernya, gw dan anak2 edan tuh ga pernah membuat 'rumah' hingga orang2 di dalamnya begitu terkurung dan orang diluar harus ketuk pintu ketika ingin masuk. Kita berada di padang rumput, di mana orang yang berdiri di atasnya bisa lari2, loncat, ketawa, meneteskan air mata, hingga meratapi hidup dan mati...

    orang yang belum menikmati renyahnya rumput di padang ini pun bisa berdiri diatasnya. Namun, memang butuh sedikit adaptasi. karena setiap rumput yang menyelimuti padang ini memiliki aroma dan citarasa yang berbeda...

    padang ini terlalu luas untuk hanya dikecap oleh tujuh, delapan, atau sebelas orang...

    (loh berasa jadi mbek...)

    jadi rame juga nih hahah seru

    ReplyDelete
  7. setelah membaca beberapa comment sebelumnya,

    gw jadi speechless...
    bener-bener speechless...

    teman-teman tau tidak?
    temen yang paling deket selama (mau) 22 tahun gw hidup di dunia ya kalian ini...

    gw sangat merasakan persahabatan ini dan menikamtinya...
    i'm sure 'bout that!!

    saat ini gw lagi sendiri hampir 2 bulan dan benar-benar ngerasa keilangan semua rasa itu.

    tapi tetep di dalam hati terdalam gw akan ada temen-temen semua,
    dan walaupun nantinya kita udah terpisah jarak dan waktu dalam waktu yang lebih lama lagi hal itu nggak akan pernah berubah..

    haha...
    kita jadi melankolis gini ya....
    nggak terasa air mata udah numpuk di pelupuk mata.. -o-

    hal-hal kayak gini memang jadi pengingat betapa pentingnya orang lain di kehidupan kita, betapa pentingnya temen-temen di kehidupan kita masing-masing, dan betapa berharganya orang yang sayang sama kita ya...

    -ditasayangtementemensemua-

    ReplyDelete
  8. fi,
    di saat gw lagi nulis comment di atas,
    tiba-tiba handphone gw berbunyi...


    ternyata lo yang nelpon gw fi..
    ^o^

    ReplyDelete
  9. ehmmm,,,,

    slowly...mellow...

    gw sedang belajar untuk tidak menyesali apa yang dah gw jalani. karena semuanya adalah pilihan yang gw buat sendiri....

    tak perlu melupakan,,,toh melupakan tidak akan membuat kita benar-benar lupa....

    ta,,,,
    berarti kita mang jodoh bet,,,
    lo nulis gw nelp lo...

    hehehe...
    traktiran berarti...

    ReplyDelete

Post a Comment

thank you for reading and feel free to comment :)

Popular posts from this blog

Who Am I?

I am becoming the person I hate the most. How I wish to have a peacefull mind but don,t work. Spend too much time with virtual world drown me into misery.

veinti ocho

Another number to add. This time I kinda relax to face it. No excited feelings, nor ignore the date. It came all natural. Just want to take a moment of silent for meself. Some big steps in life I've already taken before this number came. I am now, living mylife as an expats, a little wish I whispered ages ago. I left family back home, so it let me feel homesick of being around them. The bold note for this time is I am in the country I have longed since years ago, India. One time I told myself to add the number in India. And, here I am. How wonderful life is. Especially when the love one is there next to me. I want a memento, a present for me. I will have it later and keep you updated. Namaste.