Skip to main content

City of God

Category: Movie
Genre : Action
setelah menonton ini, saya kecewa. kekecewaan itu lebih karena saya menyesal tidak menonton film ini dari beberapa tahun yang lalu. saat berkunjung ke tempat penyewaan kepingan video saya selalu melihat film ini, tetapi tak pernah tertarik untuk meminjamnya. alasan saya waktu itu karena ini film Brazil. sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa saya punya pikiran semacam itu.
City of God adalah sebuah daerah kumuh yang jaraknya hanya 15 mil dari sungai Amazon yang terkenal seantero dunia itu. meskipun ada embel-embel "God" dalam namanya, kota ini sama sekali jauh dari kesan keindahan maupun kedamaian. kekerasan dan kejahatan adalah "tuhan" di kota ini.
tokoh sentral film ini adalah Becipé atau Rocket. seorang remaja yang hidup di akhir 196o-an. ia dan seluruh penduduk kota menjadi saksi mata bagaimana para gangster tumbuh dan beregenerasi. anak-anak kecil mencontoh gangster-gangster dewasa, dengan demikian mereka belajar. kaderisasi sudah dimulai sejak dini.
sepanjang film selain menjadi tokoh utama, Becipé juga menjadi narator untuk beberapa adegan di film ini. salah satu ketua gangster yang paling berkuasa adalah Li'l Zé dan teman seperjuangannya dari kecil, Bené. kedua orang ini awalnya hanya penjahat kelas teri. namun, berkat ide Li'l Zé mereka bisa menjadi gangster paling kuat yang menjual narkotik. satu hal yang penting dalam dunia gangster, walaupun otot kuat tapi tidak punya otak sama saja bohong. Li'l Zé lah otaknya. targetnya adalah menjadi pengedar narkotik satu-satunya di City of God. target berikutnya adalah melumpuhkan bisnis saingannya, Carrot.
perperangan pun terjadi antara kelompok Li'l Zé dan Carrot. nampaknya, Tuhan tidak benar-benar ada di kota ini. tidak ada yang tahu siapa kawan siapa lawan. anak-anak ingusan (dalam artian yang sebenarnya) semuanya berprinsip kill or be killed. bahkan petugas keamanan pun tidak bisa dipercaya, mereka sudah makan uang suap para gangster.
terlahir dan besar di kota yang penuh kejahatan tersebut tidak membuat Becipé menjadi salah satu bagian dari gangster tersebut. kakaknya, yang pernah menjadi gangster, pernah memintanya untuk terus belajar dan jangan pernah memegang senjata. Becipé memang tidak pernah menodongkan senjata api kepada siapapun. tetapi, berkat todongan kameranya, banyak orang tahu apa yang sebenarnya terjadi di City of God.
sutradara Fernando Mairelles dan timnya patut diacungi jempol. plotnya yang maju mundur membuat film ini tidak membosankan.

Comments

Popular posts from this blog

Who Am I?

I am becoming the person I hate the most. How I wish to have a peacefull mind but don,t work. Spend too much time with virtual world drown me into misery.

Di Puncak Tangga

Tik..tok..tik..tok... Enggak berasa nih kawan, dah hampir kelar semester tujuh. Semester delapan tinggal beberapa waktu lagi masuk ke dalam kehidupan kita. Dapat dipastikan dengan masuknya semester delapan kita makin sibuk dengan urusan masing-masing. Yang kecil pasti sibuk dengan urusan job tre-nya. Yang cowok pun sepertinya demikian. Yang jilbab gw kurang ngerti neh dia sibuk job tre, kuliah, atau keduanya. Sedangkan jilbab yang lain pasti sibuk dengan organisasinya dan dibantu oleh si pasangan hidupnya. Teman sejawatnya. Sedangkan yang gingsul, rambut panjang, rambut pendek kaca mata, dan gw pasti sibuk dengan kuliah dan job tre. Kalau gw sih ada tambahannya, yaitu bersenang-senang. Hehehe...aku akan menikmati semester besok yang tidak banyak kuliah. Yihaa....setidaknya dengan sedikit kuliah gw bisa mengerjakan sesuatu yang gw dah dari dulu pengen dilakuin. Asik..asik... Tetapi yang jadi masalah gw mesti bersenang-senang sama siapa. Toh, lo semua aja mungkin sibuk dan entah ada di m

veinti ocho

Another number to add. This time I kinda relax to face it. No excited feelings, nor ignore the date. It came all natural. Just want to take a moment of silent for meself. Some big steps in life I've already taken before this number came. I am now, living mylife as an expats, a little wish I whispered ages ago. I left family back home, so it let me feel homesick of being around them. The bold note for this time is I am in the country I have longed since years ago, India. One time I told myself to add the number in India. And, here I am. How wonderful life is. Especially when the love one is there next to me. I want a memento, a present for me. I will have it later and keep you updated. Namaste.